HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Nasional

Kesehatan

KRIMINAL

3/INFO%20KRIMINAL/post-grid

NASIONAL

4/INFO%20NASIONAL/small-col-right

POLITIK & HUKUM

1/INFO%20POLITIK%20%26%20HUKUM/big-col-left

Pendidikan

Olahraga

Kriminal

Header Ads

Comments

Comments

DAERAH

3/INFO%20DAERAH/big-col-right

Pages

EKONOMI

3/INFO%20EKONOMI/big-col-left

BERITA POPULER

SAMSAT MEDAN UTARA TINGKATKAN PELAYANAN, TERTIBKAN PARA CALO



cendananetnews.co.id, Medan- Samsat Medan Utara yang sudah menyandang prestasi terbaik dan meraih penghargaan citra pelayanan prima. Selain meningkatkan pemasokan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersumber pada pajak kenderaan Bermotor (PKB). Dari hasil penilaian tersebut, pemerintah pusat melalui Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) Republik Indonesia memberi Piagam Penghargaan ISO 9001-2000 / SNI 9001-2001. Lalu di Tahun 2006, selain Samsat Medan Utara menerima quality sistem cartificate ISO 9001-2008 scope of registration sebagai penyelenggara registrasi dan identifikasi kenderaan bermotor (ranmor) dalam bentuk STNK, TNKB, PKB, BBN-KB dan SWDKLLJ.

Dengan demikian, Samsat Medan Utara menyandang predikat terbaik, secara nyata juga menghilangkan psikologis masyarakat wajib pajak (WP) dalam membayar pajak kenderaan, kerap menghindari antrian dan kehilangan waktu maupun praktek percaloan yang sangat meresahkan masyarakat. “Apa lagi Samsat merupakan barometer publik, khusus dalam pengurusan pajak dan surat-surat kenderaan yang berkaitan dengan pajak ranmor.

Kantor bersama Samsat bagian dari satu atap, dengan garda terdepan Kepolisian, Dipenda Sumut, Jasa Raharja, Bank Sumut dan Bank BRI benar-benar sudah komitmen meningkatkan pelayanan publik di era reformasi menjadi tolak ukur pemerintah. Sehingga menginginkan pelayanan publik
yang luar biasa. Untuk mencapai kearah itu, sudah tentu pelayanan dapat dijadikan ibadah dan amanah yang harus dijunjung tinggi.

Karena prestasi itu, mudah atau gampang, namun akhir dari prestasi merupakan pembuktian. Karena, selain mempertahankan juga memacunya dalam melayani masyarakat wajib pajak. Sebab, memperoleh pekerjaan tersebut sangat mudah, namun mempertahankan akan menjadi tantangan Petugas Emban Amanah.

Dalam mengemban amanah, petugas Samsat Medan Utara ada kemajuan dan perubahan. Seperti pelayanan terbaik, termasuk para petugas dengan tegur sapa, santun dan ramah tamah kepada wajib pajak, lalu memandu mengisikan formulir. Selanjutnya mengarahkan mendaftar ke loket pengesahan/perpanjangan, Ganti STNK dan BBN-KB. Selain kantor Samsat Medan Utara mengawal wajib pajak terhidar para calo. Disamping itu kantor Samsat menyediakan ruangan tunggu dan tempat istirahat bagi lanjut usia (lansia), orang cacat dan ibu hamil. Begitu juga, ruangan merokok atau smoking area dan tempat pengaduan masyarakat wajib pajak. Kesemuanya itu bermuara dari ketaatan masyarakat membayar pajak kenderaan bermotor berarti turut mewujudkan kepedulian pemasokan PAD guna membangun Sumatera Utara. Selain menggalang tujuh hal yakni, pengurangan kemiskinan, pengangguran, peningkatan pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, peran pemerintahan dan pelayanan publik.

Hal senada pula, awak media menyampatkan bertemu dengan Kasi STNK Ditlantas Polda Sumut, Kompol HM. Ikhwan diruangnya. Ketika itu dia mengajak awak media untuk mendukung kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan  Dirlantas Polda Sumut, untuk mengawal pewajib pajak dari serangan fajar calo yang meresahkan masyarakat, masalahnya pemilik Langsung saat hendak mengurus pajak selalu dikejar-kejar para calo seakan urusan bisa lebih cepat, ternyata uang ludes santap calo. Hal ini banyak laporan masyarakat, bahkan Direktur Ditlantas melalui Wadir Lantas Polda Sumut AKBP Marseleno Sampauw intruksikan para petugas Direktorat Lantas Polda Sumut untuk bertindak atau membersihkan para calo maupun oknum-oknum lainnya, tegas Ikhwan.

Menurutnya, belum lama ini ada tamu Direktur dari Koorlantas Mabes Polri, yang kebetulan sedang jalan-jalan disekitar Kantor Samsat terlihatnya diluar Samsat buka lapak atau meja melayani pengurusan STNK dan pajak. Masalah itu sempat dibicarakan dalam pertemuan rapat, sehingga Direktur Kombes Pol Drs R Heru Prakoso dan Wadirlantas AKBP Marseleno Sampauw menerima dan menjadi bahan masukan terlenting, kata Ikhwan, sembari dia meminta rekan-rekan Pers untuk membantu mengingat kepada rekan yang lain agar jangan salah paham. Selain itu, Samsat Medan Utara meningkatkan pelayanan prima dan mengajak awak media, supaya ikut mengawasi orang luar maupun mengawasi oknum yang mengaku sebagai biro jasa padahal mereka sama sekali tak terdaftar, ujarnya, seraya mengajak untuk menjaga citra Kepolisian sesuai dengan motto ; pelayanan Sejati berpegang pada ketulusan, kejujuran dan kebenaran, bukan pada keuntungan, sebutnya, sembari meminta “kalau ada anggota saya yang nakal segera laporkan biar ditindak tegasnya.

HM. Ikhwan lalu menjelaskan, Polri berpegang teguh pada UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang, Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), maupun UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang, pelayanan publik. Selain Kepolisian menjunjung tinggi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2010 dan PP Nomor 60 Tahun 2016.tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kemudian Polri taat peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang, kode etik profesi Polri fan tata cara pelayanan informasi publik. Selanjutnya peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Regident Ranmor, ungkapnya.(Shafwan-Djuned).

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *