HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Nasional

Kesehatan

KRIMINAL

3/INFO%20KRIMINAL/post-grid

NASIONAL

4/INFO%20NASIONAL/small-col-right

POLITIK & HUKUM

1/INFO%20POLITIK%20%26%20HUKUM/big-col-left

Pendidikan

Olahraga

Kriminal

Header Ads

Comments

Comments

DAERAH

3/INFO%20DAERAH/big-col-right

Pages

EKONOMI

3/INFO%20EKONOMI/big-col-left

BERITA POPULER

Setnov Membangkang Dipanggil KPK Tidak Hadir

cendananetnews.co.id Jakarta- Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) membangkang dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan pasca tidak hadir pemanggilan ketiga sebagai saksi kasus dugaan korupsi Kartu Tanda Penduduk ekektronik (KTP-e) Sementara KPK masih mempertimbangkan untuk memanggil paksa Setya Novanto.
  
 "Itu salah satu yang dibolehkan. menurut peraturanperundang-udangan memanggil secara paksa", kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di gedung KPK Jakarta, Senen kemarin.
  
Namun,  begitu diharapkan Ketua Umum Partai Golkar bisa kooperatif memenuhi pemanggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi kasus KTP-e itu. Dengan demikian, mudah-mudahan beliau kooperatif. Ya kita berharap beliau bisa hadir tanpa harus ada paksaan," ujarnya.
   
Pemanggilan Setnov, dia juga menegaskan itu merupakan kewenangan penyidik. " Komunikasinya bukan pimpinan KPK, komunikasinya "kan ada penyidik kami yang akan memanggil. 

Juga kan ada Direktur Penyidikan. Kalau saat ini beliau tidak hadir lagi, kami kan bekerja sesuai dengan aturan saja," katanya.  
   
Setnov dalam kasus ini sudah tiga kali mangkir pemanggilan KPK sebagai saksi Anang Sugiana Sudihardjo.
   
Pemanggilan pertama, Senen 30 Okt 2017, Setnov juga tidak memenuhi panggilan KPK, karena ada kegiatan lain di daerah pada masa reses DPR RI.
    
Pada pemanggilan kedua, Senen 6 Nov 2017 dan ketiga Senen kemarin, Setnov. menyatakan pemanggilan terhadap dirinya harus ada izin tertulis dari Presiden. Sementara Setnov telah ditetapkan kembali sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-e, Jumat semalam. Dibagian lain Laode M Syarif menyatakan pemanggilan Setya Novanto hanya sebagai saksi. untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo dalam kasus KTP-e.
  
 "Tidak sama  sekali kok, tidak harus izin. Baca saja aturamnya. "Kan itu juga sudah ada putusan MK tidak mewajibkan adanya izin dari Presiden," jelasnya.
   
Menurut Syarif, pemanggilan Setnov harus seizin Presiden. Hal itu merupakan sesuatu yang mengada-ada. "Iya itu alasan mengada- ada. Pertama, beliau "kan pernah hadir beberapa kali dipanggil.ketika beliau hadir tanpa surat izin Presiden. Kenapa sekarang hadir harus kami mendapat izin dari Presiden? Ini suatu yang mengada-ada," tuturnya. Dalam kasus KTP-e secara keseluruhan, KPK pernah memanggil Setnov sebanyak sembilan kali mulai untuk tersangka Sugiharto pada Des 2916.dan yang bersangkutan tidak hadir saat itu.
   
 " Termasuk pernah dipanggil sebagai tersangka sebanyak dua kali, namun juga tidak hadir. Sebelumnya tidak pernah ada penjelasan atau alasan terkait penggunaan klausul izin ke Presiden," kataJuru bicara KPK Febri Diansyah. (Iwan-fauzie).-

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *