HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Nasional

Kesehatan

KRIMINAL

3/INFO%20KRIMINAL/post-grid

NASIONAL

4/INFO%20NASIONAL/small-col-right

POLITIK & HUKUM

1/INFO%20POLITIK%20%26%20HUKUM/big-col-left

Pendidikan

Olahraga

Kriminal

Header Ads

Comments

Comments

DAERAH

3/INFO%20DAERAH/big-col-right

Pages

EKONOMI

3/INFO%20EKONOMI/big-col-left

BERITA POPULER

Polda Sumut Musnahkan Ratusan Kilo Sabu, Ganja, dan Ribuan Ekstasi

Medan,Cendananet News-Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Agus Andrianto memusnahkan ratusan kilogram narkotika berbagai jenis. Narkotika tersebut merupakan barang bukti hasil kerja keras Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut dalam kurun sekitar sepekan pada 11-18 Juli 2019. 

Total barang bukti yang dimusnahkan di kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, Jumat (9/8/2019), di antaranya sabu-sabu sebanyak 160 kg, ekstasi sebanyak 16.224 butir, ganja 169 kg, dan daun khat 15 kg. Sabu dimusnahkan dengan cara direbus, sedangkan ganja dan daun khat dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Barang bukti narkoba disita dari 93 orang tersangka. Dua di antaranya ditembak mati," jelas Irjen Agus. 

Ia meminta awak media yang hadir memilih secara acak mana sabu yang hendak diuji keasliannya. "Ini kita lakukan agar tidak ada prasangka buruk kalau yang diamankan bukan narkoba asli," tegasnya.

Keberhasilan menggagalkan peredaran narkoba itu, katanya, menyelamatkan 1.621.400 anak bangsa dengan asumsi satu gram digunakan 10 orang.

"Ekstasi menyelamatkan 16.224 orang anak bangsa dengan asumsi satu butir untuk satu pengguna,"ujarnya.

Sedangkan untuk narkotika jenis ganja, menurutnya, pemusnahan ini berhasil menyelamatkan 170 ribu anak bangsa. Dengan asumsi, satu gram untuk satu orang.

"Untuk daun khat menyelamatkan 15.900 orang dengan asumsi satu gram satu pengguna. Jenis narkotika daun khat tidak bisa dibuktikan di sini. Kecuali dilakukan di laboratorium," beber Agus. 


Lebih lanjut dikatakan Agus, para tersangka melanggar Pasal 114 ayat (2) dan/atau Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara.(ndc/cnn)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *