HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Nasional

Kesehatan

KRIMINAL

3/INFO%20KRIMINAL/post-grid

NASIONAL

4/INFO%20NASIONAL/small-col-right

POLITIK & HUKUM

1/INFO%20POLITIK%20%26%20HUKUM/big-col-left

Pendidikan

Olahraga

Kriminal

Header Ads

Comments

Comments

DAERAH

3/INFO%20DAERAH/big-col-right

Pages

EKONOMI

3/INFO%20EKONOMI/big-col-left

BERITA POPULER

Drone CH4 Jadi Andalan di Parade HUT TNI ke-74

Jakarta,Cendananet News- TNI memamerkan alat utama sistem persenjataan atau alutsista terbaru dalam perayaan ulang tahun ke-74 yang digelar hari ini.
Salah satunya adalah pesawat nirawak (drone) bertipe CH4. Pesawat ini pertama kalinya menunjukkan kemampuannya di hadapan Presiden Jokowi yang menghadiri HUT TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 5 Oktober 2019.
Drone ini berfungsi sebagai pesawat pengintai namun tetap dibekali perlengkapan senjata untuk menyerang musuh.
"Hari ini kita tampilkan di depan Bapak Presiden, bahwa kita sudah memiliki pesawat tanpa awak dan mampu terbang dengan radius of action 1.500 - 2.000 kilometer," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
Sebelum ditampilkan di parade hari ini, Hadi sempat memperkenalkan kemampuan drone ini saat latihan gabungan tiga matra, di Situbondo, Jawa Timur, pada 11 September lalu.
Saat itu, Hadi menyebut drone itu merupakan hasil dari pengadaan rencana strategis kedua. Rencananya alutsista ini akan berjumlah enam unit. Pesawat nirawak itu berjenis Medium Altitude Long Endurance (MALE), yang bisa terbang dengan lama durasi hingga 12 jam dan menjangkau 1.000 kilometer.
"Kemampuan itu bisa digunakan dengan dukungan satelit atau sistem BLOS (beyond line of sight). Tapi kalau hanya menggunakan NLOS (non line of sight) itu bisa dari Surabaya sampai ke tempat latihan ini di Situbondo," kata Hadi di Situbondo bulan lalu.
Parade drone ini hanya menjadi salah satu bagian dari puncak acara HUT TNI ke-74. Serangkaian atraksi udara, mulai dari aksi pendaratan presisi penerjun payung hingga simulasi serangan oleh pesawat tempur TNI AU, menjadi sajian utama.
Namun, atraksi dari Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara menjadi aksi yang paling menarik perhatian penonton. Beragam manuver ciamik namun berbahaya ditampilkan oleh skuadron yang dibentuk pada 1996 itu. Sorak sorai penonton mengiringi atraksi Tim Jupiter.
Jokowi hadir bersama istrinya Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu, nampak pula Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono di jajaran kursi utama.
Selain itu, jajaran mantan wakil presiden seperti Try Sutrisno, Hamzah Haz, hingga Boediono juga hadir. 
Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin juga nampak di lokasi. Tak hanya itu, Ketua DPR, MPR, dan Kepala DPD yang baru terpilih yakni Puan Maharani, Bambang Soesatyo, dan La Nyalla Mattalitti juga nampak hadir.(cnn/egi/kp)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *